Wednesday, November 16, 2011

BAYAM MERAH CEGAH RAMBUT RONTOK | MANFAAT BAYAM MERAH UNTUK KESEHATAN

BAYAM MERAH DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATANBAYAM MERAH CEGAH RAMBUT RONTOK | MANFAAT BAYAM MERAH UNTUK KESEHATAN. Sayuran satu ini bernutrisi tinggi. Mudah didapat dan harganya relatif murah. Teksturnya lembut dan segar. Selain untuk sayur juga diolah menjadi keripik dan jus. Cocok dimakan oleh mereka yang mengalami rambut rontok. Baca juga 7 TIPS MEMBELI KAMERA DIGITAL | DASAR-DASAR MEMILIH KAMERA DIGITAL.
Bayam ada dua jenis. Bayam merah dan bayam hijau. Tumbuhnya tegak serta berdaun lebar, batangnya lemah dan berair. Sedangkan daunnya bertangkai berbentuk bulat telur, lembut dengan panjang 2-8 cm. Ujungnya tumpul, bercabang, pangkal runcing dan berwarna hijau, merah atau hijau keputihan dan bunganya berbentuk bulir. Setelah diolah terkstur bayam lembut dan sedikit renyah.

Bayam berasal dari Amerika dan kini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Di Indonesia, bayam bisa tumbuh sepanjang tahun. Di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.

Tanaman ini tergolong keluarga tumbuhan Amaranthacea memiliki nama latin Amaranthacea Gangeticus. Bayam merah sering juga disebut bayam gelatik, bayam abrit, bayam lemag atau bayam sekul (sebutan bayam merah di Jawa). Sedangkan di Maluku, disebut dengan jawa lufife, tona magaahu atau bayam rohiha.

Bayam merah banyak mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat dan mangan. Kandungan nutrisi pada bayam merah sangat baik untuk meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah memiliki khasiat sebagai obat untuk disentri.

Selain itu bayam merah segar dapat memperkuat akar rambut. Umumnya dengan cara dibuat jus. Cuci bersih seikat bayam segar, lalu proses dengan blender hingga halus. Tambahkan sedikit garam lalu saring. Minumlah sekaligus,jangan disimpan. Lakukanlah sebanyak 2-3 kali seminggu.

Bayam merah banyak dijual di pasar atau pasar swalayan, baik yang organik maupun yang tidak. Sayuran ini tidak tahan disimpan terlalu lama. Belilah secukupnya, petiki daun dan batang mudanya lalu simpan dalam kantong plastik dan taruh dalam lemari es. Sebaiknya jangan mencuci dulu karena daunnya mudah hancur dan rusak.

detik.com

BAYAM MERAH CEGAH RAMBUT RONTOK, MANFAAT BAYAM MERAH UNTUK KESEHATAN, Nutrisi yang Ada Dalam Bayam Merah, Tips Mencegah Rambut rontok, Cara Menyimpan Sayuran

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...