Sunday, September 18, 2011

19 Orang Tewas Akibat Gempa Kuat di India & Nepal | Gempa 6,9 SR Guncang India

19 Orang Tewas Akibat Gempa Kuat di India & Nepal | Gempa 6,9 SR Guncang India. Gempa bumi kuat berkekuatan 6,9 skala richter (SR) mengguncang bagian timur laut India pada Minggu kemarin dan menewaskan 19 orang.
Gempa kuat tersebut dirasakan oleh seluruh wilayah di India setelah mengguncang Negara Bagian Sikkim di wilayah Himalaya yang berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan Tibet pada Minggu kemarin, pukul 18.10 waktu setempat.

Titik pusat gempa berada pada 60 kilometer dari Kota Gangtok yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sikkim. Sekira 60 orang dikabarkan terluka dan listrik di kota tersebut terpaksa dipadamkan setelah terjadinya gempa.

"Listrik padam, semua warga lari ke jalan," ujar salah seorang warga Gangtok, C.K. Dahal, seperti dikutip AFP, Senin (19/9/2011).

Sekira 1.000 narapidana yang ada di Negara Bagian Benggala Barat terpaksa dievakuasi dari sel mereka saat muncul gempa bumi tersebut.

Di Nepal, polisi mengatakan, sebanyak tiga orang tewas termasuk bocah perempuan berusia delapan tahun akibat tertimpa reruntuhan gedung kantor Kedutaan Besar Inggris di Kota Kathmandu. Kota tersebut terletak sekira 270 kilometer dari titik pusat gempa.

Perdana Menteri India Manmohan Singh langsung mengadakan rapat darurat setelah gempa kuat ini muncul dan memerintahkan pesawat militer agar segera menuju lokasi gempa untuk membawa bantuan.

Akhir-akhir ini, India dilanda bencana alam yang cukup mengerikan. Selain gempa, India juga dilanda banjir bandang yang menewaskan 26 orang pada Kamis pekan lalu. Sebanyak 19 distrik di Negara Bagian Orissa dilanda banjir dan 4.100 desa digenangi air.Okezone.com

19 Orang Tewas Akibat Gempa Kuat di India & Nepal, Gempa 6,9 SR Guncang India, India dilanda Bencana Alam

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...