Saturday, September 17, 2011

LSM Internasional Cuci Otak Pemuda Indonesia | Misi Terselubung LSM Internasional

LSM Internasional Cuci Otak Pemuda Indonesia | Misi Terselubung LSM Internasional. Semakin maraknya kehadiran non goverment organization
(NGO) atau lembaga wsadaya masyarakat (LSM) internasional seperti Greenpeace di Indonesia disinyalir membawa misi mencuci otak generasi muda Indonesia.
Kehadiran LSM-LSM internasional berbasis lingkungan itu menargetkan mengubah pola pikir orang Indonesia agar sesuai tujuan kepentingan dunia barat, tempat LSM itu berasal.

"LSM internasional seperti Greenpeace yang kini menempatkan sasarannya di Indonesia, khususnya di Riau, bertujuan mengubah cara berpikir orang Indonesia. Dampaknya tentu akan mempengaruhi kebijakan pemerintah kita," kata pengamat Hubungan Internasional Universitas Riau Saeri kepada mediaindonesia.com di Pekanbaru, Sabtu (17/9).

Ia menjelaskan, kemenangan besar Greenpeace adalah pada saat kampanye mereka berhasil mempengaruhi cara pandang orang Indonesia terkait persoalan lingkungan. Padahal dalam menjalankan misinya, LSM internasional itu memakai berbagai instrumen terselubung sosial budaya yang konsekuensinya berpengaruh terhadap ekonomi, politik, dan pertahanan negara.

"Kompleksitas dalam kepentingan diplomasi barat terselubung dalam misi LSM internasional seperti Greenpeace. Pemerintah Indonesia dinilai sudah terlambat untuk mengantisipasinya," ujar Saeri.

Lebih lanjut Saeri mengungkapkan, kampanye cuci otak Greenpeace berhasil membuat bimbang pemerintah. Di satu sisi penyelamatan lingkungan merupakan suatu tuntutan bersama dari dunia Internasional. Namun disisi lain kemajuan pembangunan bangsa Indonesia tergantung dari pencapaian kemapanan dalam penguasaan industri. Mediaindonesia.com

LSM Internasional Cuci Otak Pemuda Indonesia, Misi Terselubung LSM Internasional, Target Mengubah Pola Pikir Orang Indonesia, Kepentingan Diplomasi Barat

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...