Thursday, September 22, 2011

Periksa Kesehatan Rambut Yuk! | Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Periksa Kesehatan Rambut Yuk! | Tips Menjaga Kesehatan Rambut. Paling menyebalkan jika rambut dalam keadaan kering. Bukan hanya terlihat kusam, tetapi juga jadi sulit diatur dan mudah rontok. Banyak hal yang jadi pemicunya, seperti sampo yang tidak cocok, menggunakan produk penataan rambut yang berlebihan atau paparan air laut dan sinar matahari.
Kesehatan rambut sangat bergantung pada keseimbangan protein dan kelembaban. Protein pada rambut menyediakan struktur untuk folikel, dan kelembaban memberikan elastisitas rambut.

Kelebihan atau kekurangan protein dan kelembaban bisa memicu rambut mengalami kerusakan. Anda tentu ingin mengetahui bagaimana kondisi rambut, apakah seimbang antara protein dan kelembaban? Atau justru mengalami kerusakan? Ketahui melalui empat cara berikut yang dilansir dari Totalbeauty.com.

- Periksa kesehatan folikel
Cabut sehelai rambut dan lihatlah akarnya. Jika terdapat semacam lapisan berwarna transparan seperti bohlam melindungi akar, berarti rambut Anda dalam keadaan sehat. Namun, jika tidak terdapat lapisan tersebut, bisa jadi akar rambut Anda tidak sehat dan sedang dalam proses penipisan.

- Lihat tingkat kekeringan
Dengan rambut yang sama, pegang salah satu ujungnya dengan ibu jari dan ujung lainnya dengan telunjuk. Putar dan lingkarkan di ibu jari lalu tarik perlahan untuk mengencangkannya, lalu lepaskan.

Apa yang terjadi? Jika rambut menjadi ikal, berarti rambut Anda sehat. Tetapi jika tetap lurus, kemungkinan rambut dalam keadaan kering. Anda bisa melakukan hair mask atau menggunakan conditioner secara teratur.

- Periksa kelembaban
Ambil sehelai rambut lalu pegang ujungnya dengan tangan, kemudian tarik. Jika meregang seperti karet tandanya rambut kekurangan protein. Namun, jika kembali seperti semula secara cepat, rambut Anda kekurangan kelembaban.

- Lihat warnanya
Bercerminlah lalu ambil rambut bagian bawah dan bandingkan warnanya dengan rambut bagian atas. Jika warnanya berbeda, kemungkinan warna rambut yang lebih terang telah memudar karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Sinar matahari memicu pecahnya molekul warna rambut. Untuk mencegahnya Anda bisa menggunakan krim atau vitamin pelindung rambut sebelum ke luar rumah. Jangan lupa gunakan payung atau topi, saat cuaca terik, demi perlindungan maksimal. (art)

VIVAnews

Periksa Kesehatan Rambut Yuk!, Tips Menjaga Kesehatan Rambut, Cara Mengetahui Kondisi Rambut, Ciri-ciri Kondisi Rambut yang Sehat

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...