Wednesday, January 11, 2012

TIPS PENTING MENDIDIK ANAK PEREMPUAN | NASIHAT PENTING IBU TERHADAP ANAK PEREMPUAN

RUMITNYA HUBUNGAN IBU DAN ANAK PEREMPUANTIPS PENTING MENDIDIK ANAK PEREMPUAN | NASIHAT PENTING IBU TERHADAP ANAK PEREMPUAN . Like mother like daughter . Begitulah pepatah lama mengatakan. Kalau Anda ingin putri Anda menjadi wanita yang baik, maka Anda juga harus menjadi ibu yang baik. Intinya, anak perempuan berkaca dan belajar kepada ibunya. Baca juga RUMAH & RANJANG KENANGAN ANANG - KRISDAYANTI LAKU 8 MILYAR | PENGUSAHA ASAL JAWA PEMBELI RUMAH ANANG KD
Apa saja yang harus diajarkan seorang ibu agar anak perempuannya bisa ­menjadi perempuan yang hebat kelak setelah ia besar? Berikut nasihat penting ibu terhadap anak perempuannya.

Kelola Uang

Membiasakan diri mengelola keuangan sejak dini akan sangat membantu seorang wanita kelak setelah ia dewasa. Karenanya, anak perempuan perlu diajarkan untuk mengelola keuangan. Termasuk diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi. Tapi, tak perlu disampaikan bahwa uang adalah kunci kebahagiaan, atau sebaliknya, uang adalah sumber kejahatan. Katakan, uang adalah kebutuhan dan uang adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang.

Kelak setelah anak beranjak besar, dia akan mampu menjawab pertanyaan, bagaimana cara berhemat, bagaimana caranya menabung di bank, investasi apa yang paling tepat, menyisihkan pendapatan untuk orang yang membutuhkan, dan berbelanja dengan bijak. Ajarkan pula bahwa ia harus punya kendali diri dan disiplin untuk berhemat dan menyimpan uang. Harapannya, kepiawaian mengelola uang ini akan menjadikan anak bersyukur saat ia dewasa nanti.

Cintai Dirimu

Anak perempuan perlu diajari untuk menghargai dan mencintai tubuhnya. Jangan sampaikan pesan bahwa makan adalah sebuah kenikmatan. Ajarkan bahwa makan adalah memberi tubuh bahan bakar. Jika tidak, maka Si Upik berisiko mengalami overweight atau obesitas, yang ujung-ujungnya bisa memengaruhi faktor sosial dan psikisnya kelak.

Jadi, ajarkan ia untuk menghargai tubuhnya sehingga ia cukup mengonsumsi makanan yang memang dibutuhkan tubuh. Jadikan pula olahraga sebagai bagian dari kehidupan mereka sebagai perwujudan rasa cinta mereka kepada tubuh mereka. Sampaikan bahwa tak perlu memiliki tubuh yang sempurna agar dicintai dan dihargai orang lain. Caranya, ajak putri Anda mengobrol dan sampaikan bahwa image tentang tubuh wanita ideal yang ada di media tidak selalu tepat.

Anak perempuan pun perlu diajarkan bagaimana mencintai diri sendiri. Pasalnya sudah tak terhitung berapa banyak wanita yang membuat pilihan buruk dalam hidup hanya karena mereka merasa diri mereka memalukan, bersalah, atau kurang. Berapa banyak wanita memilih orang yang salah, meneruskan karier yang salah, tidak pernah mencapai impian mereka, hanya karena dalam hati mereka tidak merasa mereka layak sesuatu yang baik? Jadi, jangan bosan meyakinkan putri Anda bahwa dia berharga dan layak dicintai sepenuhnya.

Realistis

Anak perempuan perlu diberi pengertian bahwa masih banyak hal lain yang lebih penting ketimbang urusan cowok. Saat ini terlalu banyak anak perempuan atau remaja putri yang tumbuh ditemani film atau bacaan tentang seorang gadis bertampang buruk, dibenci setiap orang, selalu menderita, lalu tiba-tiba nasibnya berubah oleh kehadiran seorang pangeran tampan. Padahal, di kehidupan nyata, tak seorangpun, bahkan seorang pangeran tampan sekalipun, yang mampu mengatasi semua penderitaan dan mengubahnya menjadi kebahagiaan.

Fakta menunjukkan, banyak wanita yang tidak puas dalam hal hubungan dengan pasangannya karena mereka “menunggu” kehadiran pangeran tampan ini. Kesimpulannya, anak perempuan perlu diajarkan bahwa meski hubungan romantis bisa membantunya merasa bahagia, hal ini tidak bisa sepenuhnya menjadi sumber kebahagiaan dan kesuksesan. Seorang perempuan harus memahami bahwa ia punya banyak kebutuhan dari berbagai aspek, seperti aspek pertemanan, pekerjaan, spiritual, alam, dan sebagainya, yang juga harus dipenuhi melalui aspek tersebut. Dan yang dibutuhkan adalah upaya dan kerja keras, bukannya seorang pangeran tampan.

Harga Diri

Anak perempuan perlu diajarkan bagaimana membuat pria merasa dihargai dan dihormati, tapi pada saat yang sama mereka bisa merasa nyaman dengan diri mereka. Terlalu banyak perempuan mendambakan cinta sampai-sampai mereka rela menyerahkan martabat dan harga dirinya kepada seorang pria. Malangnya, pria itu justru tidak memperlakukan mereka dengan baik. Pria tersebut beralasan bahwa ia merasa perempuan yang ada di hadapannya kurang menghormati dirinya sendiri.

Pada saat yang sama, anak perempuan harus diajarkan sebuah rahasia, “The Secret ”. Artinya, bahwa seorang pria yang merasa dihargai dan dihormati oleh seorang wanita akan melakukan apa saja untuknya.

Selektif

Anak perempuan perlu diajarkan bagaimana cara memilih seorang pria yang baik. Kriterianya antara lain baik, memiliki kualitas seperti kejujuran, kebaikan, etika kerja yang kuat, loyalitas, dan kemurahan hati. Ingat, berapa banyak perempuan menderita sia-sia dalam hidup mereka hanya karena mereka salah memilih pasangan hidupnya? Banyak contoh yang menunjukkan betapa seorang wanita masih saja mencintai pria yang sudah menganiaya mereka, melakukan KDRT, menyelingkuhi mereka, dan sebagainya.

Terampil

Anak perempuan perlu diajarkan beberapa hal dasar yang membuat hidup lebih mudah dan lebih nyaman. Ajarkan mereka bagaimana menjahit rok, memasang kancing baju, membuat ayam panggang, menyiapkan makan hanya dalam sepuluh menit, membuat roti isi tuna, atau memasak udang tumis. Ajarkan juga hal-hal seperti mengambil foto, memperbaiki kran yang bocor, memompa ban motor atau menganti ban mobil, dan sebagainya. Pengetahuan-pengetahuan dasar ini akan sangat membantu anak-anak perempuan dalam kehidupan kelak setelah mereka dewasa.

Gigih Berjuang

Anak perempuan perlu diajarkan untuk bekerja keras. Mereka harus diajarkan bahwa hidup membutuhkan banyak kerja keras. Anak perempuan yang tidak diajarkan bekerja keras seringkali dirugikan karena mereka selalu menunggu untuk memperoleh uluran tangan orang lain.

Menjaga Hubungan

Anak perempuan perlu diajarkan bagaimana menjalin dan menjaga hubungan dengan teman baik atau sahabat mereka. Gunanya, agar anak-anak perempuan tahu bagaimana mempertahankan hubungan mereka adalah kunci untuk kebahagiaan mereka kelak.

Selain perlu diajarkan seperti apa teman baik dan mana yang tidak, mereka perlu belajar menghindari teman-teman yang suka menikam dari belakang, tidak loyal, dan egois. Mereka juga perlu belajar bagaimana menghargai dan menunjukkan kasih kepada teman-teman.

Seringkali, perempuan menderita karena ditinggalkan, baik oleh teman atau di kemudian hari pacar, hanya karena mereka tidak memahami prinsip-prinsip dasar hubungan. Mereka merasa menjadi korban, rentan terhadap penolakan, dan menganggap diri mereka tidak beruntung dalam hubungan. Padahal yang penyebabnya adalah perilaku mereka sendiri.

Waspada

Anak perempuan perlu diajarkan untuk menjaga dan membela diri. Mereka harus diajarkan untuk tidak pernah mengikuti perintah atau permintaan orang asing atau membolehkan siapapun menyentuh mereka dengan cara yang membuat mereka merasa tidak nyaman dan takut. Ibu harus mengajarkan anak perempuannya bahwa bahkan orang yang mereka kenal dan orang-orang yang tampak baik tidak berhak menyentuh mereka dengan cara apapun.

Mereka harus diajarkan untuk meminta bantuan petugas keamanan untuk menuju ke tempat parkir di malam hari, memastikan bahwa taksi yang ditumpangi adalah taksi yang memiliki reputasi baik, menolak dengan halus pemberian apapun dari orang yantidak dikenal, dan sebagainya.

Ajarkan anak perempuan Anda untuk juga selalu memakai sabuk pengaman, menolak tawaran tumpangan dari orang asing jika mobil mereka rusak, dan selalu berjalan dengan penuh percaya diri sehingga mereka tidak terlihat seperti seorang yang lemah. Mereka harus diajarkan bahwa jika mereka merasa bahaya, mereka harus bertindak segera. Tanamkan di benaknya bahwa sah-sah saja untuk melawan, membela diri, menjerit, menendang, bahkan menarik keluar bola mata siapapun yang berusaha menyakiti mereka.

Kenali Lelaki

Anak perempuan harus diajarkan semua hal tentang laki-laki. Bagaimana mereka berpikir, mengapa mereka melakukan hal-hal yang mereka lakukan, apa yang memotivasi mereka, apa yang membuat mereka jijik, apa yang membuat mereka betah berhubungan dengan seorang wanita, dan apa yang membuat mereka ingin meninggalkan seorang wanita. Seorang gadis yang mengerti laki-laki pada usia muda akan menghindari patah hati atau luka hati yang sulit sembuh.

Pendidikan Seks

Anak perempuan harus diberi pendidikan mengenai seks. Tentang organ vital perempuan, haid, kehamilan dan kelahiran, dan sebagainya. Ini akan membuat mereka memahami dengan baik persoalan seks dan terhindar dari pergaulan atau hubungan bebas yang berisiko kelak setelah mereka besar.
tabloidnova.com

TIPS PENTING MENDIDIK ANAK PEREMPUAN, NASIHAT PENTING IBU TERHADAP ANAK PEREMPUAN, Bekali Anak Perempuan Dengan Nasihat Ini, Pendidikan Seks Penting Untuk Anak Perempuan, Keahlian Yang Harus Diwariskan Kepada Anak Perempuan, Nasihat Penting Bunda Terhadap Anak Gadisnya,

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...