Friday, December 2, 2011

4 Langkah Mudah Atasi Masalah Perut | TIPS ALAMI ATASI GANGGUAN PERUT

CARA ALAMI MENGATASI MASALAH PERUT4 Langkah Mudah Atasi Masalah Perut | TIPS ALAMI ATASI GANGGUAN PERUT. Tahukah Anda kalau kondisi perut sangat berpengaruh pada kondisi perasaan? Jadi, jangan heran jika perut bermasalah, perasaan Anda juga bisa tak stabil. Sakit perut, kembung, maag bisa terjadi kapan saja dan ini sangat menyebalkan. Baca juga INILAH HASIL UNDIAN PIALA EROPA 2012 | UNDIAN PUTARAN FINAL PIALA EROPA 2012
Belum lagi, jika Anda harus melakukan banyak aktivitas. Jika terjebak dalam kondisi ini, tak perlu panik mencari obat. Ada cara alami dan mudah untuk mengatasinya.

1. Kunyah permen karet

Menurut penelitian tim dari Rumah Sakit St. Thomas, Inggris, mengunyah permen karet setelah makan dapat mencegah sakit maag. Termasuk, menggandakan aliran air liur ke kerongkongan, tempat menetralisir asam lambung yang naik dari perut Anda.

"Anda tidak harus mengunyah permen karet tanpa henti. Cukup kunyah permen karet ketika merasakan nyeri pertama lalu kunyah sampai rasa mulas menghilang," kata John Lipham, MD, Director Heartburn and Swallowing Center di California Chapman Medical Center, dikutip dari ivillage.com.

2. Teh peppermint

Terdapat 40 senyawa alami dalam teh peppermint, yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Menurut peneliti dari Canada McMaster University, ini termasuk mengurangi risiko kram perut yang menyakitkan dan kembung kronis hingga 75 persen, selama 48 jam.

"Senyawa tanaman peppermint bisa membuat Anda tak mudah mengalami kembung, karena bisa memutus gelembung gas besar di usus, " kata Dr. Gitnick, penulis buku 'Getting Well, Staying Well'.

3. Permen jahe

Selalu sediakan permen jahe dalam tas Anda. Dengan mengonsumsi dua buah permen jahe, Anda bisa mengurangi risiko mual dan heartburn atau naiknya asam lambung. Dari temuan peneliti di India Central Food Technological Research Institute juga diketahui kalau permen jahe bisa mengurangi rasa panas pada perut hingga 40 persen.

Dua bahan aktif pada jahe yaitu gingerol dan kurkumin, berfungsi membantu proses pencernaan dan bisa mengatasi mual secara cepat. Keduanya juga merangsang kantong empedu untuk memproduksi lebih banyak empedu, yang berfungsi membantu memecah lemak dan mengatasi pemicu rasa mulas.

4. Duduk setelah makan

Jika Anda rentan terhadap sakit perut, kembung atau gejala tidak nyaman lainnya setelah makan, cobalah bersantai di kursi setelah makan. Selama lima menit, duduk dan bayangkan seluruh gejala hilang secara bertahap.

Menghabiskan beberapa menit setiap hari membayangkan hal positif, seperti bebas dari rasa sakit, bisa gejala nyeri perut pada wanita hingga 89 persen. Hal ini menurut penelitian tim dari University of California, Los Angeles (UCLA). Itu karena istirahat setelah makan bisa mengaktifkan sistem saraf enterik, yaitu kelompok saraf yang memelihara saluran pencernaan.
VIVAnews

4 Langkah Mudah Atasi Masalah Perut, TIPS ALAMI ATASI GANGGUAN PERUT, Cara Mudah dan Alami Mengatasi Perut Kembung, Sembuhkan Masalah Perut Tanpa Obat!

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...