Saturday, December 24, 2011

TIPS JITU MEMILIH SEKOLAH DASAR TERBAIK | PANDUAN TEPAT MEMILIH SEKOLAH UNTUK BUAH HATI

TIPS MEMILIH SEKOLAH TERBAIK UNTUK BUAH HATITIPS JITU MEMILIH SEKOLAH DASAR TERBAIK | PANDUAN TEPAT MEMILIH SEKOLAH UNTUK BUAH HATI. Sebagai orang tua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tak hanya memenuhi kebutuhan sandang dan pangan, namun juga memilihkan sekolah terbaik untuk sang buah hati. Baca juga KECANTIKAN SELEB KOREA DIAKUI DUNIA | Tiga Seleb Korea Masuk di 100 Wajah Tercantik 2011
Pemilihan sekolah terbaik sudah dimulai sejak dini. Para orang tua beranggapan semakin dini memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya maka akan menjadi semakin baik. Anak-anak bisa sedini mungkin dipersiapkan untuk menghadapi tantangan berat di masa depan mereka.

Bagaimana ketika memilih SD? Apa yang dijadikan pertimbangan? Apakah sebaiknya memasukkan anak ke SD negeri, swasta, atau sekolah terpadu? Tak masalah sekolah negeri, swasta, atau terpadu. Tak semua SD swasta itu bagus, seperti halnya tak semua SD negeri itu buruk. Selalu ada level baik, buruk, atau sedang-sedang saja di setiap kategori sekolah.

Tentunya orang tua berharap sekolah yang dipilih akan mampu menjadi tempat mengembangkan kemampuan anak secara optimal. Berikut panduan untuk memilih sekolah terbaik bagi sang buah hati tercinta:

Lokasi

Pilihlah sekolah yang lokasinya tak terlalu jauh dari rumah. Lokasi yang terlalu jauh akan membuat anak lelah di perjalanan. Kelelahan akan membuat akan kurang konsentrasi untuk belajar. Perlu dipikirkan juga mengenai sekolah yang berlokasi di pusat perkotaan atau keramaian dan yang berada di pinggiran atau lebih dekat dengan suasana alam, semua memiliki plus-minus-nya.

Kondisi fisik sekolah

Kondisi fisik bukan satu-satunya jaminan. Banyak sekolah yang secara fisik tampak mentereng namun kualitasnya biasa-biasa saja. Namun setidaknya kondisi fisik sekolah yang baik akan membuat anak lebih nyaman belajar.

Fasilitas sekolah

Komponen pendidikan yang tidak kalah pentingnya adalah sarana dan prasarana yang mendukung. Mulai dari bangunan fisik, ruang kelas, taman, perpustakaan, laboratorium, sarana olah raga dan kesenian, arena bermain, kantin, perlengkapan kelas, sampai dengan alat peraga edukasi yang dimiliki. Seiring dengan kemajuan bidang informasi dan teknologi, nampaknya bukan hal yang baru sebuah sekolah memiliki fasilitas akses jaringan internet dan website sendiri, dimana setiap stake holders dapat berinteraksi dan berkomunikasi di dunia maya.

Hal ini, akan sangat membantu bagi orang tua untuk memantau perkembangan putra-putrinya secara cepat tanpa harus secara fisik datang ke sekolah. Dengan didukung sarana dan prasarana yang baik, diharapkan semua peserta didik dapat belajar secara enjoy, nyaman, dan betah. Sekolah diibaratkan sebagai rumah kedua bagi anak-anak, sehingga sekolah yang baik mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan siswa. Hal yang perlu diperhatikan juga mengenai rasio jumlah siswa dengan luas ruangan kelas serta fasilitas pembelajaran yang lain.

Rasio guru dan murid

Cari informasi tentang berapa jumlah murid yang berada dalam satu kelas. Jumlah murid yang terlalu banyak bisa memecah konsentrasi anak dan tidak kondusif untuk belajar. Di beberapa sekolah, ada dua orang guru dalam satu kelas. Adanya guru pendamping ini memungkinkan semua murid mendapat perhatian yang sama.

Kualitas guru

Bagaimana kualitas pendidikan para gurunya? Apakah kebanyakan berpendidikan minimal sarjana atau di bawah itu?

Biaya

Berapa biaya masuk dan biaya bulanan di sekolah itu? Apakah sekolah itu termasuk sekolah gratis? Biaya mahal tak selalu berbanding lurus dengan kualitas pendidikan. Demikian pula sebaliknya. SD negeri yang gratis dan mendapat dukungan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dari pemerintah juga bisa menjadi sekolah terbaik. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan orang tua.

Informasi dari pihak luar

Pihak sekolah umumnya hanya memberikan informasi yang baik-baik tentang sekolah. Agar lebih lengkap, cari informasi dari tetangga, saudara, rekan kerja, dan sebagai tentang sebuah sekolah atau tentang reputasi sekolah yang kita incar. Waspadai jika di sekolah tersebut pernah ada kasus pelecehan seksual atau kekerasan, baik yang dilakukan oleh sesama murid maupun oleh guru.

Jangan mengedepankan gengsi

Jangan terjebak memilih sekolah hanya untuk menjaga gengsi orang tua.

TIPS JITU MEMILIH SEKOLAH DASAR TERBAIK, PANDUAN TEPAT MEMILIH SEKOLAH UNTUK BUAH HATI, Panduan Praktis Memilih Sekolah Yang Tepat untuk Anak, Tips Memilih Sekolah Anak,

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...