Thursday, December 8, 2011

Ini Tanda-tanda Terjadinya Penuaan Dini | PENYEBAB TERJADINYA PENUAAN DINI

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PENUAAN DINIIni Tanda-tanda Terjadinya Penuaan Dini | PENYEBAB TERJADINYA PENUAAN DINI. Tua itu pasti! Tapi kalau terlihat tua karena penuaan dini tentu sayang bukan. Idealnya, penampilan tua sesuai umur atau penampilan lebih muda dari umur. Maka itu kenali tanda-tanda penuaan dini yang paling jelas terlihat. Baca juga Kim Hyun Joong Batal Bintangi 'SPEED' | SIBUK DENGAN ALBUM BARU, KIM HYUN JOONG TOLAK BERMAIN DI SERIAL 'SPEED'
Beberapa faktor baik lingkungan atau dari dalam diri bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya yang membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih dini.

Tanda-tanda penuaan dini umumnya paling mudah dijumpai di daerah wajah dan juga kulit. Hal yang berkontribusi besar terhadap tanda-tanda penuaan dini adalah radikal bebas yang bisa berasal dari paparan sinar matahari, stres dan juga polusi lingkungan.

"Salah satu tanda pertama dari adanya penuaan dini yang ada adalah kulit tidak lagi terlihat bersinar dan biasanya diikuti dengan tanda-tanda lainnya," ujar Eric Braverman dari Weill Cornell Medical Center di New York, seperti dikutip dari Forbes.com, Kamis (8/12/2011).

Berikut ini adalah tanda-tanda penuaan dini yang terlihat yaitu:

1. Munculnya keriput di ujung mata

American Academy of Dermatology melaporkan keriput disebabkan oleh paparan sinar matahari dan diperparah jika merokok. Paparan radikal bebas ini menyebabkan kerusakan DNA kulit dalam membran sel, akibatnya kolagen dan elastisitas kulit menjadi rusak yang memicu keriput.

2. Flek atau bercak hitam

Bercak atau flek hitam yang muncul merupakan tanda penuaan kulit, karena sudah banyaknya kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan. Flek atau bercak ini biasanya muncul di tangan, wajah, dahi dan bahu.

3. Kulit menjadi lebih kasar dan kering

Paparan radikal bebas yang terus menerus membuat kulit menjadi kehilangan kolagen dan elastisitas sehingga kekuatannya serta fleksibilitasnya berkurang. Akibatnya penampilan kulit akan menjadi lebih kering dan kasar.

4. Pori-pori membesar

Penuaan dini juga ditandai dengan membesarnya pori-pori karena penumpukan sel kulit mati di sekitar pori. Kondisi ini biasanya bisa dikurangi dengan pengelupasan kulit secara teratur.

5. Memiliki lingkaran hitam dan kantung di bawah mata

Kondisi ini terjadi karena kapiler kecil yang bocor dan darah mengalami oksidasi sehingga membuatnya berwarna gelap, serta kulit bawah mata yang tipis membuatnya terlihat berwarna lebih gelap atau hitam.

6. Adanya penumpukan lemak yang lebih banyak di sekitar perut dan lengan

Metabolisme yang terjadi di dalam tubuh biasanya menjadi lebih lambat sehingga muncul penumpukan lemak yang kebanyakan ada di perut dan lengan tangan.

7. Terganggunya siklus tidur, mudah lelah, sering lupa, sulit memulai kegiatan bahkan saat pagi hari sekali pun

Kondisi yang terjadi ini merupakan penanda pertama dari penyusutan otak yang bisa dipicu oleh berbagai hal seperti merokok, konsumsi makan olahan dan tidak mendapat udara segar yang cukup.

Beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini seperti melakukan olahraga secara rutin, tidur cukup, minum air putih cukup, memiliki pola makan yang sehat (mengandung asam lemak omega 3 dan rendah lemak jenuh), banyak makan buah dan sayuran, kacang-kacangan serta gandum.
detik.com

Ini Tanda-tanda Terjadinya Penuaan Dini, PENYEBAB TERJADINYA PENUAAN DINI, Tips Mencegah Penuaan Dini, Ciri-ciri Terjadinya Penuaan Dini

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...