Thursday, December 29, 2011

PENYEBAB-PENYEBAB KASUS MOBIL TERBAKAR SECARA TIBA-TIBA Beberapa Komponen Yang Harus Dicek Agar Mobil Tidak Terbakar

Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Secara Tiba-Tiba
PENYEBAB-PENYEBAB KASUS MOBIL TERBAKAR SECARA TIBA-TIBA Beberapa Komponen Yang Harus Dicek Agar Mobil Tidak Terbakar. Belakangan ini, beberapa kebakaran telah terjadi pada mobil. Contohnya, Honda Civic  di jalan Jenderal Sudirman (14/12), Peugeot di dekat kantor BNN Jakarta (26/12) dan mobil box yang tak teridentifikasi mereknya di depan Mal Ambassador, Jakarta Pusat, tadi siang (29/12). PEMAKAMAN PENGUASA KORUT KIM JONG IL BERAURA MISTIS Turunnya Salju Saat Profesi Pemakaman Kim Jong Il Adalah Tangisan Dari langit dan JARANG DITURUNKAN PELATIH AC MILAN INZAGHI INGIN HENGKANG Filippo Inzaghi Diminati Klub Asal Catalan Espanyol Untuk Transfer Akhir Musim Ini.
Ada beberapa penyebab sampai mobil dilalap jago merah  dan patut diwaspadai pemilik mobil lainnya. Dan Teddy Djusman, kepala bengkel SS Performance Shop, Bandung, Jawa Barat memberi tahu bagian-bagian pada mobil yang bisa menimbulkan kebakaran.

Kebocoran Bahan Bakar
Menurut Teddy, kebocoran bahan bakar paling sering menimpa mobil. Pemicunya, ada dua. Pertama, sambungan antara selang bensin yang tidak rapat atau presisi. kedua,  selang mulai getas lantaran usianya. Biasanya, kondisi mulai rapuh di atas 5 tahun. Mobil dengan sistem injeksi, pemeriksaan komponen tersebut  harus lebih intensif  mengingat tekanannya cukup besar.
"Rembesan bensin akan lebih berbahaya ketika terjadi di ruang mesin karena kerap terjadi percikan, biasanya dari alternator yang sudah berumur atau sistem saluran buang," tambah pria subur yang kerap dipanggil Didu.

Kelistrikan
Ada dua bagian, masing-masing kelistrikan bodi dan mesin. Timbulnya percikan api akibat terjadi hubungan arus pendek lantaran usia kabel sudah tua dan kulitnya terkelupas. Bisa juga 'korsleting' karena longgarnya penjepit sekring (di ruang mesin) yang bisa menimbulkan panas dan akhirnya meleleh karena panas. Masih soal sekring yang di bawah dasbor (lampu) diganti ukuran amper yang lebih besar sehingga tempat sekring meleleh.
Munculnya api bisa juga dari soket lampu karena bohlamnya diganti  dengan ukuran lebih besar dari standar. Sementara sekringnya tidak diganti.

Rem Macet
Biasanya kaliper rem tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan kerja  jadi berat berujung panas dan membuat  karet sil meleleh dan minyak rem bocor. Kondisi kaliper rem yang membara akibat panas tersebut jika terkena oli bisa mempercepat proses timbulnya api terlebih ada beberapa sistem rem yang menggunakan penutup kaliper terbuat dari plastik.

Pembungkus Knalpot
"Ini biasanya digunakan oleh mereka yang memodifikasi mobil dengan menggunakan perangkat peredam panas pada knalpot. Sebenarnya tidak masalah sejauh tidak terkena oli di area permukaannya," tutup Teddy. Karena oli akan memicu terjadinya api saat temperatur knalpot sedang tinggi.kompas.com

PENYEBAB-PENYEBAB KASUS MOBIL TERBAKAR SECARA TIBA-TIBA Beberapa Komponen Yang Harus Dicek Agar Mobil Tidak Terbakar, Beberapa Komponen Mobil Yang Sensitif Terjadinya Kebakaran, Tips Atasi Mobil Mogok, Penyebab Mobil Sering Mogok, Penyebab Mobil Terbakar Tiba-tiba.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...